Pemerintah Kabupaten Asahan Gelar Buka Puasa Bersama Sambut Hari Raya Idul Adha Tahun 1441 H

Pemerintah Kabupaten Asahan Gelar Buka Puasa Bersama Sambut Hari Raya Idul Adha Tahun 1441 H

Kamis, 30 Juli 2020, Juli 30, 2020 WIB
Oleh Bern
>

Asahan, Delinewstv - Menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah, Pemerintah Kabupaten Asahan menggelar buka puasa bersama di Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan, Kamis (30/07/2020).

Pada kesempatan ini tampak hadir Bupati Asahan, Dandim 0208 Asahan, Kapolres Asahan, Ketua MUI Kabupaten Asahan, Ketua Imtaq Kabupaten Asahan, OPD, Ustadz se-Kabupaten Asahan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan tamu undangan lainnya.


Sebelum memberikan bimbingan dan arahannya Bupati Asahan memberikan kupon qurban kepada para Ustadz se-Kabupaten Asahan yang diserahkan secara simbolis kepada Kakankemenag Kabupaten Asahan, Ketua MUI Kabupaten Asahan, Ketua Imtaq Kabupaten Asahan, Ketua NU Kabupaten Asahan, Ketua Al Washliyah Kabupaten Asahan dan Ketua Muhammadiyah Kabupaten Asahan.

Bupati Asahan H. Surya, B.Sc sampaikan bahwa umat Islam di Kabupaten Asahan hendaknya memaknai Hari Raya Idul Adha ini tidak sebatas perayaan tahunan belaka, akan tetapi lebih dari itu, pada hakikatnya ada makna filosofis yang perlu kita gali dibalik hari raya ini.


Dihari Raya ini ada 4 peristiwa yang penting diantaranya Ibadah Haji, Puasa Arafah, Sholat Idul Adha dan Ibadah Qurban.

Bupati Asahan juga mengatakan, dalam semua ibadah tersebut terdapat nilai-nilai sosial kemanusiaan karena semuanya mengajarkan untuk mencintai sesama, saling menolong, saling memberi, dan persamaan derajat sehingga muaranya dapat mengokohkan semangat untuk hidup rukun berdampingan dengan sesama. Disamping itu ada sejarah yang dapat kita jadikan pelajaran untuk memberikan pesan kepada kita semua agar kita membersihkan hati dan jiwa dari nafsu-nafsu hewani yang seringkali melekat pada diri manusia.

“Kecintaan kita terhadap atribut-atribut duniawi tidak boleh mengaburkan kecintaan kita kepada Allah SWT. bahkan kita diharapkan mau mengorbankan apa yang kita miliki dan apa yang kita cintai demi kepentingan umat, bangsa dan negara,” ungkap Bupati Asahan.

Mengakhiri bimbingan arahannya, Bupati Asahan mengatakan atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Asahan, dirinya mengucapkan selamat merayakan Idul Adha 1441 H semoga spirit dan nilai-nilai positif dibalik hari raya tahun ini dapat menjadikan diri kita lebih baik di sisi Allah SWT.

Di kesempatan ini juga para tamu undangan diberikan tausiyah agama oleh Al-ustad H. Ahmad Qosim Marpaung yang mengajak hadirin untuk saling berbuat baik kepada sesama dan meninggalkan sifat-sifat buruk yang dapat merugikan orang lain.

Beliau juga menyampaikan, semoga ibadah qurban yang dilakukan pada Hari Raya Idul Adha 1441 H ini dapat diterima oleh Allah SWT.(Jefri S)

TerPopuler